Hemat Banget, Ini Tips Menghemat Uang Saat Nonton Film di Bioskop

Hemat Banget, Ini Tips Menghemat Uang Saat Nonton Film di Bioskop

Hemat Banget, Ini Tips Menghemat Uang Saat Nonton Film di Bioskop

Pengalaman Hiburan Yang Menyenangkan

Ini Tips Menghemat Uang Saat Nonton Film di Bioskop - Menghabiskan waktu di bioskop seringkali memberikan pengalaman hiburan yang menyenangkan, namun seringkali dapat membebani kantong. Bagi para penikmat film, khususnya yang ingin tetap menikmati tayangan di bioskop tanpa merasa terlalu berat di sisi keuangan, ada beberapa tips cerdas yang dapat membantu menghemat uang saat menonton film di bioskop. 

Dari promosi spesial hingga strategi pintar dalam pemilihan waktu dan hari, pada artikel ini, Semesta Sinema akan memberikan tips menarik untuk memaksimalkan pengalaman nonton di bioskop tanpa perlu khawatir menguras dompet. Dengan menerapkan tips berikut, para penonton dapat tetap menikmati layar lebar tanpa merasa memberatkan anggaran mereka.

Baca Juga : Alasan Film Adaptasi dari Buku Selalu Mendapat Perhatian

Tips Penting Menghemat saat Nonton Film di Bioskop

Berikut 10 tips menarik berhemat uang saat nonton film di bioskop, dijamin hemat banget :

1. Manfaatkan Program Promo dan Diskon

Manfaatkan Program Promo dan Diskon

Tangan memegang kertas diskon

Bioskop sering menawarkan program promo menarik setidaknya seminggu sebelum dan sesudah hari libur besar seperti Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, dan lainnya. Diskon hingga 50% kerap ditawarkan selama periode tersebut.

Jadi biasakan cek jadwal promo terbaru sebelum membeli tiket. Beberapa bioskop bahkan mengadakan program ‘Gratis Nonton’ bagi pembelian 4 tiket atau lebih. Lumayan bukan?

2. Pilih Hari dan Jam Tayang Bioskop Sepi

Pilih Hari dan Jam Tayang Bioskop Sepi

Tangan menunjuk tanggal pada kalender

Harga tiket tentu akan berbeda di setiap harinya tergantung jumlah penonton yang datang. Misalnya Senin-Kamis biasanya lebih sepi dibandingkan Jumat-Minggu. Begitu juga pada jam tayang pagi, sore, atau larut malam biasanya lebih sepi ketimbang prime time jam 6-9 malam.

Memaksimalkan waktu sepi bisa jadi salah satu cara menghemat cukup efektif. Selain harga tiket lebih murah, suasana studio bioskop juga lebih nyaman karena tidak perlu berdesakan.

3. Beli Tiket di Situs Resmi atau Online Shop 

Beli Tiket di Situs Resmi atau Online Shop

Wanita menggunakan online shop dan memegang kartu kredit

Harga tiket di situs resmi atau aplikasi penyedia tiket online biasanya lebih murah 10-15% ketimbang langsung beli di loket bioskop. Selain itu, transaksi online juga lebih praktis dan cepat.

Beberapa situs yang bisa dimanfaatkan misalnya tix.id, bookmyshow.com, dan aplikasi KlikFilm dari XXI. Jangan lupa periksa ulang harga di beberapa situs sebelum memutuskan membeli.


Baca Juga : Hampir Sama, Ini Perbedaan Genre Film Thriller, Horor dan Misteri

4. Tunggu Hari Terakhir Menonton Film 

Tunggu Hari Terakhir Menonton Film

Orang sedang menonton film sendirian di bioskop

Biasanya ketika jadwal pemutaran suatu film di bioskop akan segera habis, pengelola bioskop akan memberikan diskon 50% atau lebih. Strategi ini memang bisa dipakai asal rela menunggu lebih lama untuk bisa nonton film impianmu.

Keuntungannya adalah selain murah, biasanya penonton di studio juga tidak terlalu ramai di hari-hari terakhir pemutaran film tersebut. Jadi nyaman dan hemat!

5. Cari Promo Kartu Kredit atau Debit 

Cari Promo Kartu Kredit atau Debit

Kartu kredit dan kartu debit

Beberapa bank atau perusahaan kartu kredit kerap mengadakan program promo menarik bekerja sama dengan bioskop ternama. Misalnya potongan harga 20% atau cashback 10% dengan minimum transaksi tertentu.

Jangan sungkan untuk bertanya pada customer service bank mengenai promo apa saja yang bisa dimanfaatkan. Siapa tahu ada promo spesial yang sesuai dengan kebutuhanmu.

6. Bawa Makanan Sendiri 

Bawa Makanan Sendiri

Makanan untuk nonton film di bioskop

Faktor tersulit menghemat uang saat nonton bioskop adalah menahan diri dari godaan camilan lezat nan mahal di bioskop, bukan? Nah, cara paling jitu mengatasi masalah ini adalah dengan membawa makanan sendiri.

Selama tidak terlalu mengganggu, penonton diperbolehkan membawa makanan dari luar asalkan dalam porsi wajar. Bawalah camilan sehat dan minuman kesukaanmu agar tidak tergoda beli mahal di dalam bioskop.


Baca Juga : 10 Film Dengan Plot Twist Terbaik Yang Bikin Penonton Terkejut

7. Gabung Kartu Member Bioskop 

Gabung Kartu Member Bioskop

Ilustrasi kartu member bioskop

Kebanyakan bioskop terkenal seperti XXI dan CGV memiliki program kartu member yang banyak menawarkan keuntungan. Mulai dari diskon tiket, voucher gratis popcorn dan minuman, hingga penukaran point menarik lainnya.

Cukup bayar iuran keanggotan pertama kali, nikmati keuntungan jangka panjangnya. Selain hemat, fasilitas dan benefit kartu member bioskop sangat menarik dan kekinian.

8. Pilih Kelas Studio Biasa 

Pilih Kelas Studio Biasa

Studio bioskop

Mungkin terdengar tidak penting, namun harga tiket di studio biasa tentu lebih murah ketimbang premium seperti Velvet, Gold Class, dan sejenisnya. Selisih harganya sendiri bisa mencapai 2 kali lipat bahkan lebih tergantung bioskop.

Jika ingin lebih hemat, studio biasa dengan fasilitas standar tetap bisa memberikan pengalaman menonton film yang nyaman dan berkualitas tinggi kok. Apalagi umumnya sound system dan layar bioskop masa kini canggih dengan kualitas gambar dan suara super jernih.


Baca Juga : Keanu Reeves : Biografi, Karir, Fakta Menarik dan 5 Film Terbaiknya

9. Selalu Periksa Sisa Kursi Promo 

Selalu Periksa Sisa Kursi Promo

Kursi di studio bioskop

Banyak bioskop menyediakan beberapa kursi dengan harga promo istimewa tiap periodenya. Misalnya cuma Rp 10.000 atau Rp 15.000 per kursi untuk film blockbuster sekalipun. Kursi-kursi ini biasanya ada di baris paling depan atau belakang.

Maka dari itu, sebelum membeli tiket secara online, pastikan terlebih dahulu mengecek ketersediaan kursi promo di lokasi bioskop yang dituju. Siapa cepat dia dapat!

10. Tukar Tambah Barang Bekas dengan Tiket 

Tukar Tambah Barang Bekas dengan Tiket

Ilustrasi tiket nonton film di bioskop

Cara satu ini cukup kreatif dan unik, namun juga ampuh untuk mendapatkan tiket gratis. Caranya dengan menukarkan barang bekasmu seperti buku, majalah, komik, film, dan permainan dengan voucher bioskop gratis.

Beberapa toko buku ternama atau komunitas pecinta film sering menggelar acara tukar tambah seperti ini. Datangi saja acara mereka dan siapkan barang bekas favoritmu. Siapa tahu bisa ditukar dengan tiket nonton film gratis.


Baca Juga : 7 Aktor Film Dengan Transformasi Fisik Yang Mengejutkan

Penutup

Dalam dunia hiburan, menonton film di bioskop seringkali menjadi momen yang dinantikan. Namun, kemewahan ini kadang-kadang dapat menimbulkan beban finansial yang tak terduga. Dengan menerapkan sejumlah tips menarik untuk menghemat uang saat nonton film di bioskop, kita dapat mengejar kepuasan tanpa merasa terbebani oleh biaya tinggi. 

Tips menarik mulai memanfaatkan promo, pilih hari dan jam tayang, beli tiket secara online, menunggu film hingga akhir-akhir waktu, gunakan promo kartu kredit atau debit, membawa makanan sendiri, gabung kartu member, bijak memilih kelas studio, gunakan kursi promo dan tukar tambah barang bekas dengan tiket.

Dengan mengimplementasikan tips-tips cerdas ini, kita bukan hanya menjadi penikmat film yang cerdas tetapi juga pengelola keuangan yang bijak. Merupakan pengalaman yang memuaskan ketika kita dapat menyaksikan kisah-kisah favorit tanpa menimbulkan tekanan keuangan yang tidak perlu. Jadi, mari terus mengeksplorasi dunia sinematik dengan bijak, menjaga kepuasan dan keseimbangan finansial kita secara seimbang. Happy watching!

Sumber gambar : poster, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Add Comment
comment url