Apa Itu Sekuel, Prekuel, Spin Off, Crossover, Remake dan Reboot Pada Sebuah Film

Apa Itu Sekuel, Prekuel, Spin Off, Crossover, Remake dan Reboot Pada Sebuah Film

Apa Itu Sekuel, Prekuel, Spin Off, Crossover, Remake dan Reboot Pada Sebuah Film

Merupakan Istilah Umum Pada Industri Perfilman

Daftar Istilah Film - Sebuah film dapat memiliki berbagai macam jenis pengembangan cerita yang berbeda, seperti sekuel, prekuel, spin off, crossover, remake, dan reboot. Istilah-istilah tersebut sering digunakan dalam industri film untuk menggambarkan pengembangan cerita yang terjadi pada film-film tertentu. 

Namun, bagi sebagian orang, mungkin masih bingung tentang arti dari istilah-istilah tersebut dan bagaimana perbedaannya. Oleh karena itu, pada artikel kali ini Semesta Sinema akan membahas secara lengkap mengenai apa itu sekuel, prekuel, spin off, crossover, remake, dan reboot pada sebuah film.

Istilah-Istilah Sebagai Pelengkap Identitas Sebuah Film

Istilah-istilah tersebut sebenarnya sudah lama ada dan umum digunakan untuk memperjelas status sebuah film. Nah bagi sobat moviegoers yang belum tahu penjelasan istilah-istilah pada film di atas, yuk simak informasinya berikut ini : 

Baca Juga : 5 Fakta Menarik Film Horor M3gan, Si Robot Pembunuh Berwujud Manusia

1. Sekuel 

Terminator 2 : The Judgement Day (1991)

Terminator 2 : The Judgement Day (1991)

Jika sobat pernah nonton film Terminator 2 : The Judgement Day (1991), Transformers: Revenge of the Fallen (2009) dan The Dark Knight (2008), maka sebenarnya sobat telah menonton fim yang statusnya adalah sekuel.

Ya, sekuel merupakan istilah bagi film ke dua atau film lanjutan dari film pertama. Jadi film Terminator 2 : The Judgement Day (1991) merupakan lanjutan dari film pertamanya yaitu The Terminator yang rilis pada tahun 1984.

Lalu Transformers: Revenge of the Fallen (2009) adalah lanjutan dari film Transformer yang rilis pada tahun 2007 dan film The Dark Knight (2008) yang merupakan lanjutan dari film batman karya Christopher Nolan pertama yaitu Batman Begin yang rilis pada tahun (2005).

Sebuah film sekuel umumnya masih menggunakan cast yang sama seperti film pertamanya, meskipun pada beberapa film ada juga yang mengganti pemerannya. Pada film sekuel biasa menceritakan kisah yang berbeda dan merupakan kisah lanjutan dari film pertamanya. 

2. Prekuel

The Nun (2018)

The Nun (2018)

Jika sekuel adalah film lanjutan dari film pertamanya dengan kisah kedepan, maka prekuel adalah film lanjutan dari film pertamanya yang menceritakan kisah sebelum film pertamanya (kebelakang).

Jadi mudahnya yaitu prekuel adalah film yang rilis setelah film pertamanya namun menceritakan kisah sebelum kisah film pertamanya.

Salah satu contoh film prekuel adalah The Nun yang rilis pada tahun 2018. Film ini menceritakan sosok hantu Valak yang sebelumnya muncul pada film The Conjuring 2 yang rilis pada tahun 2016.

Tujuan dari film prekuel adalah untuk menceritakan tokoh tertentu atau menjelaskan secara detail alur cerita yang terjadi pada masa lampau agar jalan cerita pada film terbarunya atau masa kini mudah dipahami.

Rilisnya film The Nun membuat penonton tahu asal muasal hantu Valak yang muncul pada film The Conjuring 2. 

3. Spin Off

Black Widow (2021)

Black Widow (2021)

Spin off merupakan film pecahan dengan tokoh yang diambil dari film utamanya. Jadi pada film tertentu, terdapat tokoh lain yang menarik dan mempunyai ciri khas sehingga dibuatkan film sendiri. Nah film tersebut disebut spin off.

Contoh film spin off adalah Black Widow yang rilis pada tahun 2021. Film ini merupakan spin off dari film The Avenger yang rilis pada tahun 2012 dengan karakter yang sama yaitu Natasha Romanoff sebagai Black Widow..

Selain Black Widow, terdapat film spin off lainnya seperti Deadpool dari series X-Man, film Birds Of Prey spin off dari film Suicide Squad yang menampilkan tokoh Harley Quin dan masih banyak lagi.

4. Crossover

The Avenger (2012)

The Avenger (2012)

Jika sobat pernah nonton film The Avenger dan Zack Snyder Justice League, berarti sobat sudah nonton film crossover.

Crossover merupakan sebutan bagi film yang terdiri dari tokoh-tokoh yang berasal dari film lain. Pada film the Avenger terdapat tokoh Iron Man yang sebelumnya memiliki film sendiri dengan judul yang sama.

Begitu juga pada film Zack Snyder Justice League yang tedapat tokoh Superman dimana sebelumnya pernah dikisahkan pada filmya sendiri yang berjudul Man Of Steel (2013).

Selain The Avenger dan Zack Snyder Justice League, terdapat film crossover lainnya seperti Aliens vs Predator (2004), Freedy vs Jason (2003) dan Kingkong vs Godzilla (2021).

5. Remake

Candyman (2021)

Candyman (2021)

Seperti artinya, film remake merupakan film yang dibuat ulang dari film yang pernal rilis sebelumnya. Tujuan dibuat ulang sebuah film adalah untuk mengulang kesuksesan seperti film pertamanya.

Film remake umumnya menggunakan judul yang sama, meskipun ada juga yang menggunakan judul berbeda. Tetapi biasanya pada segi cerita tetap sama dengan film pendahulunya.

Candyman (2021) adalah salah satu contoh film remake dari film Candyman yang rilis pada tahun 1992, lalu ada film Dawn Of The Dead (2004) merupakan remake dari film Dawn of the Dead yang rilis pada tahun 1978 dan masih banyak lagi.

6. Reboot

The Amazing Spiderman (2012)

The Amazing Spiderman (2012)

Istilah reboot digunakan pada film yang dibuat ulang dengan alur cerita yang berbeda dari film pendahulunya.

Hampir sama dengan remake, meskipun sama-sama dibuat ulang tetapi pada film reboot terdapat sedikit perbedaan pada alur cerita.

The Amazing Spiderman (2012) merupakan salah satu contoh film reboot dari film Spiderman (2002) karya Sam Raimi. Pada film The Amazing Spiderman tetap menggunakan tokoh utama Peter Parker sebagai Spiderman namun kekasih Peter bukanlah Mary Jane, melainkan Gwen Stacy.

Penutup

Cukup penting istilah-istilah di atas diketahui agar sobat semakin mudah mengenali dan memahami cerita sebuah film, sebab dengan semakin memahami cerita film maka film juga semakin mudah dinikmati. Sekian informasi yang dapat Semesta Sinema bagikan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat dan tunggu artikel selanjutnya ya sob.

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Add Comment
comment url