5 Peraturan Nonton Film di Bioskop, Wajib Dipatuhi

Peraturan Bioskop

5 Peraturan Nonton Film di Bioskop, Wajib Dipatuhi

Nonton Dengan Pengalaman Terbaik Hanya di Bioskop

Peraturan Nonton Film di Bioskop - Pengalaman terbaik menonton film adalah dengan menontonnya langsung di bioskop. Selain memberikan pengalaman yang maksimal, menonton film dibioskop juga menambah kepuasan tersendiri. Namun, terdapat beberapa peraturan nonton film di bioskop yang harus dipatuhi.

Pada artikel kali ini, Semesta Sinema akan membahas lima aturan penting yang wajib dipatuhi saat menonton film di bioskop. Mulai dari aturan terkait kebersihan hingga hal yang bersangkutan dengan penonton lain. Hal ini penting diketahui dan dipatuhi untuk menjaga kenyamanan semua penonton saat menonton film.

Baca Juga : Fakta-Fakta Menarik Film Animasi Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Peraturan Umum Saat Menonton Film di Bioskop

Faktor yang membuat menonton film di bioskop menjadi menyenangkan adalah karena disuguhkan dengan ukuran layar yang besar bersama dengan kualitas video dan audio yang memukau. Selain itu, tempat duduk yang disediakan juga nyaman sehingga semakin betah saat menonton film.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak bioskop yang berada di kawasan perbelanjaan atau mall dan setiap harinya tidak pernah sepi penonton. Terlebih lagi jika terdapat film yang sudah lama ditunggu oleh penggemarnya telah rilis. Beberapa film yang selalu ramai saat perilisannya yaitu film dari waralaba superhero Marvel dan DC, film horor baik dari lokal maupun luar negeri dan masih banyak lagi.

Karena bioskop merupakan tempat menonton film yang bersifat umum, artinya siapapun yang memiliki tiket dapat masuk dan menonton film di dalam. Biasanya terdapat minimal puluhan kursi pada setiap studio, sehingga pada hari-hari tertentu terutama saat film baru rilis akan sangat ramai penonton.

Untuk menjaga kenyamanan saat menonton, pengelola bioskop telah menetapkan aturan-aturan atau peraturan bioskop kepada penonton yang wajib dipatuji. Peraturan tersebut biasanya ditampilkan berupa iklan saat sebelum film dimulai. Nah, bagi sobat moviegoers yang belum tau apa saja peraturannya, yuk simak informasinya berikut ini :

Baca Juga : 4 Fakta Menarik Film KKN di Desa Penari : Luweh Dowo Luweh Medeni

1. Tonton Film Sesuai Umur

Joaquin Phoenix di Joker (2019)

Joaquin Phoenix di Joker (2019)

Peraturan bioskop yang pertama yaitu tontonlah film sesuai umur kalian. Setiap kali film sebelum dimulai atau bahkan saat pertama kali film dirilis, sudah terdapat informasi rating film untuk ditonton mulai umur berapa. Hal ini penting mengingat dikawatirkan jika umur kalian belum cukup, dapat melihat adegan atau scene yang kurang pantas, misal adegan seksual, kekerasan dan lain sebagainya.

Jadi, wajib tahu rating filmnya dulu ya sobat moviegoers sebelum nonton filmnya. 

2. Matikan atau Silent SmarphoneKalian

Silent Smartphone

Silent Smartphone

Bayangkan saat sobat moviegoers sedang seru-serunya, sedang serius-seriusnya nonton tiba-tiba smartphone orang sebelah kalian berbunyi, tentu hal tersebut menganggu sobat bukan. Oleh karena matikan atau cukup silent smartphone sobat jika sedang menonton film di bioskop.

3. Jangan Foto-Foto atau Merekam Film

Peraturan bioskop selanjutnya yaitu usahakan jangan berfoto-foto saat film sudah dimulai, karena hal tersebut dapat menganggu penonton lain. Perhatikan juga kecerahan smartphone sobat, karena jika terlalu cerah sobat dapat menjadi pusat cahaya di tengah kegelapan dan sekali lagi itu dapat menganggu penonton lain, terutama penonton di atas kalian.

Iklan Aturan Nonton di Bioskop oleh Pemeran Qorin

Iklan Aturan Nonton di Bioskop oleh Pemeran Qorin

Selain berfoto, jangan juga sekali-sekali untuk memvideo atau merekam film karena dapat menyebabkan kalian dalam masalah. Perlu diketahui, di dalam bioskop terdapat kamera infra merah yang dapat mendeteksi sobat jika sedang merekam film. Pihak pengelola bioskop pun dapat menindak ke jalur hukum mengenai tindakan tersebut. Jadi nikmati dengan cukup menontonya saja ya sobat moviegoers. 

Baca Juga : Mengenal Aghniny Haque, Pemeran Film Qorin dan KKN di Desa Penari

4. Jaga Kelakuan

Pertama, jangan berisik atau berbicara terlalu keras. Kedua jika kalian sedang nonton sembari makan, pastikan untuk meletakkan makanan di tempat makanan pada kursi kalian masing-masing. Jangan juga sekali-sekali membersihkan tangan dengan menggunakan kursi duduk kalian, apalagi kursi duduk orang lain.

Iklan Aturan Nonton di Bioskop oleh Pemeran Qorin

Iklan Aturan Nonton di Bioskop oleh Pemeran Qorin

Ketiga, yang sering terjadi sampai saat ini yaitu kaki jangan berada di atas kursi di depan kalian, terutama jika ada orangnya pula. Hal tersebut kurang sopan dan tidak baik karena menganggu kenyamanan penonton lain. Duduklah dengan baik dan sopan tanpa mengurangi kenyamanan kalian saat sedang menonton. 

Baca Juga : 5 Film Horor Terbaik yang Bisa Bikin Jantungan

5. Buang Sampah Pada Tempatnya

Iklan Aturan Nonton di Bioskop oleh Pemeran Qorin

Iklan Aturan Nonton di Bioskop oleh Pemeran Qorin

Sudah bukan rahasia lagi bahwa masyrakat Indonesia susahnya minta ampun disuruh membuang sampah pada tempatnya. Setelah film usai, terkadang masih banyak sampah makanan dan minuman berserakan dimana-mana.

Meskipun pada akhirnya akan dibersihkan oleh petugas kebersihan, tapi lebih baik setelah film usai sampah dibawa ke bawah dan dibuang pada tempat yang sudah disediakan. Selain meringankan beban petugas kebersihan, hal ini juga dapat menjadi budaya baik untuk tetap selalu menjaga kebersihan agar tetap nyaman saat menonton film di bioskop.

Baca Juga : 5 Film Horor Terseram Sampai Bikin Susah Tidur

Penutup

Bagaimana sobat moviegoers, peraturan di atas merupakan peraturan umum saat menonton film di bioskop. Sewaktu-waktu mungkin terdapat perubahan dari pihak pengelola bioskop. Oleh karena itu tetap patuhi peraturan saat menonton film di bioskop ya sob.

Hal ini penting untuk selalu menjaga kenyamanan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Mari berusaha dan tetap menjaga disiplin serta sikap profesional saat menonton bersama orang lain di tempat umum. Sekian informasi pada artikel kali ini, semoga bermanfaat dan sekali lagi tetap patuhi peraturannya yaaa sob. 

Sumber Gambar : cover, smartphone mati, iklan aturan nonton di bioskop oleh pemeran qorin

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Add Comment
comment url